Press "Enter" to skip to content

Apel Ketua Satkamling, Kapolres Agam : Polri Komit Wujudkan Pengamanan Swakarsa

Polres Agam – Kepolisian Resor (Polres) Agam menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), Rabu (21/6). Apel tersebut merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling.

Apel Ketua Satkamling dipimpin lansung Kapolres Agam, AKBP Ferri Ferdian, S.I.K., Tampak hadir Bupati Agam diwaliki Asisten III, Andrinaldi, unsur Forkopimda, Kepala OPD terkait, walinagari dan Satkamling di wilayah hukum polres Agam.

Dalam amanat Kapolri yang disampaikan Kapolres dikatakan, pelaksanaan apel yang digelar di Halaman Mapolres Agam itu merupakan upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Satkamling.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa atau mandiri,” ucapnya

Disampaikan lebih lanjut, situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

“Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satunya adalah Satkamling”, sebut Kapolres.

Kapolres mengungkapkan, berdasarkan data Satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023, menunjukkan bahwa dari total 230.028 Pos Satkamling, hanya 60% yang aktif atau sebanyak 134.753 Pos Satkamling, sedangkan 95.275 Pos Satkamling dinyatakan tidak aktif.

“Kedepan, Polri akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para awak Satkamling melalui pelatihan, antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat,” katany .

Pada apel tersebut, Kapolres Agam memberikan piagam penghargaan kepada tiga Satkamling terbaik yang dinilai aktif dalam menjalankan fungsi kamtibmas.

Satkamling itu yakni Satkamling Gempita Perumnas Talago, Nagari Lubuk Basung, Satkamling LP2KB Lapai Jorong Balai Satu, Nagari Manggopoh dan Satkamling Kubu Baru, Nagari Maninjau.

“Saya berpesan kepada rekan-rekan Awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas,” tutupnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.