Press "Enter" to skip to content

Jelang Pengamanan Pemilu, Polres Agam Gelar Simulasi Sispamkota

Jelang pengamanan pemilu Legeslatif dan Presiden 2019, Polres Agam menggelar Pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Pengamanan Tahap Inti Pemilu Serentak Tahun 2019 di Wilayah Hukum Polres Agam dengan Mengangkat Tema Dengan Latihan Sispamkota Kita Tingkatkan Profesional Satgas Operasi Mantap Brata Singgalang 2018 dalam mengamankan Pemilu Tahun 2019 di Wilayah Hukum Polres Agam yang dilaksanakan di Depan Kantor Sat Lantas Polres Agam Jalan Jenderal Sudirman No : 1 Lubuk Basung Kec. Lubuk Basung Kab. Agam, Senin ( 25/3 ).
Disampaikan oleh Kapolres Agam Akbp Ferry Suwandi, S.I.K , Saat Apel Gabungan sebelum Pelaksanaan Sispamkota mengatakan Pelatihan Simulasi Sispam Kota dilakukan bertujuan untuk mematangkan kesiapan personil apabila nantinya ada tindakan anarkis atau konflik sosial yang dapat menimbulkan kerusuhan dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 mendatang.
Sebagai aparat negara, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, Polri dituntut harus senantiasa menjaga, memelihara dan mempertahankan kesiap siagaan personil, sarana dan prasarana, dokumen serta produk-produk yang harus di evaluasi menjelang Pimilu serentak ini, apa yang dihasilkan dalam pelatihan simulasi sispam kota dapat bermanfaat bagi pelaksanaan tugas Polri, khususnya dijajaran Polres Agam.
Untuk itu, dalam pelatihan simulasi sispam kota jelang Pileg dan Pilpres pada tanggal 17 April mendatang, para personil agar bisa mengikuti dengan sangat sungguh-sungguh sehingga anggota bisa memahami serta bisa mengimplementasikannya pada pelaksanaan pengamanan Pemilu ini, Mari kita dukung bersama-sama pemilu dengan aman, sejuk, damai dan kondusif, Sehingga tidak terjadi bentrokan yang akan menimbulkan konflik di masyarakat, Ungkap Kapolres
Dalam Pelatihan Simulasi Sispam Kota ini dipertunjukan beberapa adegan pengamanan seperti penjagaan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengamanan aksi demo baik dari pendukung pasangan calon ataupun dari masyarakat, simulasi Pembubaran Masa oleh Ton Dalmas Polres Agam yang dibantu Oleh Mobil AWC dan simulasi penangkapan dan pengejaran oleh anggota terhadap Propokator Demo.
Simulasi Sispamkota ini diikuti jajaran TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Linmas, dan unsur-unsur lainnya. Simulasi tersebut juga dihadiri para pejabat di lingkungan Polres Agam, Wakil Bupati Agam bersama Unsus Forkopinda Kab. Agam , Ketua Pengadilan, Dandim 0304 Agam diwakili oleh Danramil Lobuk Basung , Opd Jajaran Pemda Kab. Agam, KPU Kab. Agam, Bawaslu Kab. Agam dan unsur terkait serta para tamu undangan lainnya.
Simulasi sispamkota wajib dilakukan sebagai latihan untuk merefresh. Sebab dibutuhkan kemampuan dan kesiapan personel pengamanan gabungan sesuai SOP. Yakni Polri, TNI, Satpol PP serta linmas sehingga sinergi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *