Press "Enter" to skip to content

Membuka Minangkabau Internation Scout Istano Basa Pagaruyuang, Batu Sangkar, Tanah Datar

– Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum menghadiri sekaligus membuka Minangkabau International Scout Camp II, Kamis (15/11) di halaman Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Tanah Datar.

Irjen Pol Fakhrizal dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan media untuk memupuk semangat kemitraan, persaudaraan dan perdamaian antar peserta.

“Disamping pengenalan budaya masing-masing kontingen, kegiatan ini juga akan dikenalkan dengan kehidupan sosial dan kekayaan alam Minangkabau”, ujarnya.

Dilanjutkan Kapolda, Sumatera Barat merupakan daerah yang memiliki adat istiadat dan nilai-nilai keagamaan yang kuat, yakni tertuang dalam falsafah Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah, yang artinya Adat yang didasarkan atau ditopang oleh syariat agama Islam, yang syariat tersebut berdasarkan pula pada Alquran dan Hadist.

“Untuk itu, sangatlah tepat kegiatan ini
dilaksanakan kembali di Kabupaten Tanah Datar Luhak Nan Tuo yang banyak peninggalan sejarah kebudayaan Minangkabau”, bebernya.

Lanjutnya, Indonesia memiliki banyak budaya yang beragam. Pada perkembangannya, manfaat keberagaman budaya ini adalah adanya akulturasi budaya, namun tidak menghilangkan ciri khas masing-masing, bahkan menambah keanekaragaman budaya Indonesia menjadi semakin kaya. Begitu pula dengan budaya negara lainnya, dengan adanya kegiatan M.I.S.C.

“Minangkabau International Scout Camp II ini, akan menambah wawasan tentang budaya negara tetangga kepada para peserta, sehingga dapat saling mempelajari hal-hal positif pada masing-masing kebudayaan”, pungkasnya

Diakhir sambutannya, Irjen Pol Fakhrizal menyampaikan beberapa hal yang kepada para peserta sekalian antara lain:

1. Tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT;
2. Ikuti seluruh kegiatan dengan baik dan sungguh-sungguh;
3. Kenali budaya masing-masing kontingen sehingga dapat memahami berbagai macam keragaman;
4. Jalin dan eratkan ukhuwah Islamiyah antara peserta, sehingga terciptanya
persaudaraan dalam keberagaman.

Dalam pembukaan MISC II tersebut, dihadiri oleh pejabat Utama Polda Sumbar, Kakanwil Kemenag Prov. Sumbar, Rektor UIN Imam Bonjol, Ka Kwarda 03 Sumbar,
Bupati Tanah Datar beserta unsur Forkopimda, dan Keluarga Besar IKPM Cabang Sumbar.(*)

Sumber : Tribratanews.sumbar.polri.go.id

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *